Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sukses Rahasia Ternak Ayam Joper

Kunci Sukses Rahasia Ternak Ayam Joper yang Bisa Anda Tiru -Tujuan dari adanya peternakan adalah mendapatkan keuntungan dengan mudah. Meski dalam beternak membutuhkan ketekunan agar kita bisa memiliki panen yang memuaskan. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan adalah ternak ayam joper atau jowo super. Rahasia sukses ternak ayam joper yang bisa anda lakukan salah satunya adalah pemilihan bibit yang unggul atau berkualitas. Dengan begitu, ternak ayam joper bisa lebih mudah anda lakukan disamping perawatan rutin seperti memperhatikan pakan, kandang dan lain sebagainya.
Tak sedikit mereka yang memilih ternak ayam joper karena melihat peluang yang besar. Harga ayam joper bisa dibilang selalu stabil dan terkadang naik atau tinggi. Namun ada beberapa saat harganya menurun tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama. Terutama melihat keunggulan ayam joper yang menguntungkan, yuk cari tahu apa saja rahasia sukses ternak ayam joper! 

5 Rahasia Sukses Ternak Ayam Joper 

1. Perencanaan 
Rahasia sukses ternak ayam joper yang pertama adalah perencanaan. Ada baiknya sesebelumbeum memulai usaha, lakukan perencaan dengan baik. Karena dengan perencanaan ini tentu bisa menghasilkan sesuatu yang baik pula untuk meminimalisir kemungkinan adanya resiko gagal atau bahkan kematian dengan skala yang besar. Nantinya jika tidak direncanakan dengan baik ketika ada penyakit yang menyerang seperti flu burung atau gumboro, peternak akan bingung mengatasinya seperti apa. 

2. Bibit Joper 
Pemilihan bibit ayam joper tentu menjadi yang utama. Rahasia sukses ternak ayam joper juga terletak pada bibit unggul yang dipilih. Apalagi dalam beternak ini untuk dimanfaatkan dagingnya maka kita harus memilih bibit ayam yang memiliki tubuh jenis besar atau DOC yang super. Sebab, hal ini bertujuan untuk jangka pendek yang mana bisa berkembang dengan baik dan juga waktu panen yang cepat agar tidak memiliki nilai ekonomis baik dalam hal pakan ataupun hasil daging yang baik. Cirinya adalah berdiri tegap, tidak cacat, amta bersinar dan bulu bersih serta mengkilap. 

3. Persiapan Kandang 
Salah satu rahasia sukses ternak ayam joper dari para peternak yang telah berhasil adalah dari persiapan kandangnya. Usahakan bahwa jarak kandang dari pemukiman ini minimal 10 m. Pilih lokasi yang tidak lembap, sinar matahari pagi bisa masuk dan juga adanya sirkulasi udara yang baik. kondisi kandang seperti ini bisa meminimalisir resiko penyakit pada ayam joper. Ukurannya juga tidak ada yang idela hanya saja untuk satu meter persegi sebaiknya diisi 45 hingga 55 ekor sampai dengan umur 2 minggu. Kemudian, jumlah ayamnya dipisahkan sesuai dengan kondisi fisik ayam dan juga ukuran serta kapasitas kandang. 

4. Takaran Pakan 
Pemberian pakan sebenarnya memang fleksibel dan tidak serumit dengan ayam petelor. Tetapi, kita bisa memanfaatkan makanan sisa dapur seperti roti, mie instan ataupun dalam menyusun ransum kita bisa memperhatikan nutrisi pada ayam dan juga besar protein kasar atau PK sebesar 12%. Juga energi metabolisme sebesar 2500 kkal/kg. 

Rahasia sukses ternak ayam joper berikutnya adalah memberi takaran seperti 7 gram/hari hingga umur 1 minggu, 19 gram per hari sampai umur 2 mingggu, 34 gram/hari sampai umur 3 minggu, 47 gram/hari sampai umur 4 minggu dan 74 gram/hari sampai umur 8 minggu. 

Beberapa rahasia sukses ternak ayam joper ini bisa anda gunakan untuk membuat kondisi peternakan anda kian menguntungkan. Perhatikan pakan ternak ayam joper, bagaimana cara pembuatan kandangnya hingga pemberian vaksin agar ayam joper dalam kondisi baik. perlu anda ketahui bahwa air yang diberikan pada ayam ternak tidak terbatas serta di tahap awal pemeliharaan perlu dicampur menggunakan vitamin dan antibiotika agar ayam bisa tumbuh dengan sehat.

Posting Komentar untuk "5 Tips Sukses Rahasia Ternak Ayam Joper"