Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Ayam Joper Paling Efektif

Cara Beternak Ayam Joper Paling Efektif-Ayam joper atau ayam kampung super adalah ayam berkualitas persilangan antara ayam broiler dan ayam kampung. Singkatnya masa panen serta tidak ketahanan tubuhnya yang kuat membuat banyak peternak muda memilih ayam joper sebagai konsen bisnisnya. Permintaan akan konsumsi ayam joper dipasaran pun kian meningkat sehingga bisnis ternak ayam joper sangatlah menjanjikan. Selengkapnya, berikut adalah cara beternak ayam joper paling efektif yang bisa diterapkan, 

Cara Beternak Ayam Joper Paling Efektif Yang Bisa Kalian Terapkan 

1. Pakan Yang Baik 
Cara beternak ayam joper paling efektif adalah dengan memperhatikan kualitas pakan untuk ayam joper. Kualitas pakan yang baik akan mempercepat pertumbuhan ayam joper serta membuat ayam joper lebih cepat masa panennya. Pakan yang baik dan berkualitas tidak perlu mahal-mahal yang penting higienis, anda cukup mencampurkan bekatul 50%, menir 10%, jagung 20%, dan bungkil kelapa 10%. Campuran bahan pakan tersebut mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh ayam joper diantaranya, karbohidrat, protein, mineral dan vitamin yang penting untuk pertumbuhan ayam. Selain pakan berkualitas, kamu juga wajib memberikan ayam joper vitamin saat berusia 1 hari, 1 minggu dan 1 bulan berturut-turut, dengan pemberian vitamin ini ayam joper dijamin akan terjaga kesehatan dan nafsu makannya. 

2. Bibit Yang Unggul 
Bagi para pemula tentu memilih bibit DOC ayam joper berkualitas bukanlah hal yang mudah, maka dari itu kalian perlu mengetahui beberapa ciri-ciri DOC ayam joper yang berkualitas dan sehat. Ayam joper DOC yang sehat memiliki perawakan yang tegap serta aktif bergerak, seluruh badannya bersih dan tidak memiliki kecacatan di seluruh tubuhnya. Ayam joper DOC berkualitas juga memiliki mata jernih, kaki kuning mengkilap serta bulu yang tertata rapi serta halus. Untuk pemilihan bibit ayam joper memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun hal ini akan mendukung bisnis anda agar lebih berkembang kedepannya. Hal ini dikarenakan bibit unggul tersebut merupakan cikal bakal indukan yang tentunya diharapkan untuk bisa menghasilkan anakan yang berkualitas juga. 

3. Pemeliharaan Yang Baik 
Cara beternak ayam joper paling efektif pastilah memperhatikan cara pembudidayaan yang baik dan benar, dari mulai ayam joper masih kecil hingga siap panen. DOC ayam joper pastilah harus diletakkan pada inkubator atau juga box berlampu, anakan bisa menempati inkobator itu mulai dari usia 0-3 minggu. Setelah 3 minggu barulah ayam joper dipindahkan ke kandang perawatan, dimana ayam-ayam joper akan tumbuh hingga masa panen tiba. Usahakan untuk memberikan makan dan minum secara berkala, namun jangan sampai ayam joper mendapatkan porsi makan yang berlebihan. Apabila ada ayam yang sakit, maka isolasi ayam tersebut ke kandang yang berbeda, kemudian tangani penyakit tersebut dengan penanganan yang tepat. Penyakit yang bisa menyerang ayam joper adalah tidak nafsu makan, pilek, gumboro bahkan tetelo, selain vaksin kalian juga perlu memberikan jamu kekebalan tubuh. 

Itulah cara beternak ayam joper paling efektif yang bisa anda terapkan agar bisnis berjalan lancar. Selain 3 poin di atas anda juga perlu mengenal sasaran pasar. Selain memasarkan langsung, kalian juga perlu menyuplai produk ayam joper ke beberapa tempat seperti swalayan, supermarket atau pengepul daging ayam. Selain menyasar ke tempat yang besar, kalian juga tidak boleh melupakan sasaran pasar kecil seperti bisnis rumah makan sate, soto dan catering. Semakin banyak partner kerja yang kalian dapatkan maka semakin besar nama peternakan dikenal oleh masyarakat luas.

Posting Komentar untuk "Cara Beternak Ayam Joper Paling Efektif"