Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Ayam Joper Yang Unggul

Cara Memilih Bibit Ayam Joper Yang Unggul-halo sobat jumpa lagi dengan admin,kali ini admin akan berbagi cara benar memilih bibit anakan ayam joper yang unggul.Sebelum memutuskan untuk ternak ayam joper, perlulah bagi kalian untuk mengetahui cara memilih ayam joper yang berkualitas itu seperti apa. Memang bukan hal yang mudah untuk memilih mana kiranya bibit unggul untuk memulai bisnis. Yang pasti semua itu pada akhirnya akan bergantung pada perawatan kalian ketika budidaya sudah mulai berjalan. Selengkapnya, berikut adalah cara memilih ayam joper yang unggul dan berkualitas,
Cara Memilih Ayam Joper Yang Unggul Dan Berkualitas

1. Aktif Bergerak
Salah satu cara memilih ayam joper yang unggul dan berkualitas adalah dengan melihat keaktifan ayam joper itu sendiri. Ketika ayam joper yang sehat akan ditangkap oleh pemeliharanya, maka ayam tersebut akan melawan dan berusaha melarikan diri. Ayam joper yang sehat tentunya memiliki badan yang tegap serta peringai yang aktif dan tidak mudah untuk ditangkap. Apabila ayam joper terlihat sangat lesu dan tidak berusaha kabur ketika peternak ingin menangkapnya, maka bisa disimpulkan kalau ayam tersebut kurang sehat. Lihat juga kebersihan tubuh ayam joper sebelum memutuskan untuk membeli.

2. Seluruh Bagian Tubuh Normal
Cara memilih ayam joper yang unggul dan berkualitas selanjutnya adalah dengan melihat seluruh bgian tubuhnya. DOC ayam joper berkualitas tidak akan memiliki bulu yang kotor serta berantakan, bulu mereka cenderung rapi terawat serta tidak memiliki sisi yang botak di seluruh bagian tubuhnya. Perawakan DOC yang sehat adalah badannya yang bersih, tegap serta gesit ketika hendak kita tangkap. Ada beberapa jenis warna yang dimiliki oleh ayam joper yaitu hitam, coklat kekuningan dan putih, usahakan untuk memilih DOC dengan warna serta pola bulu yang berbeda. Hal ini diperlukan agar nantinya anakan yang dihasilkan memiliki pola bulu yang bervariasi.

Selain melihat kualitas DOC ayam joper dari bulunya, anda juga wajib memastikan seluruh bagian tubuhnya tidak mengalami kecacatan. Bagian kaki dan paruhnya memiliki warna yang terang serta mengkilap, jangan memilih DOC yang memiliki warna paruh dan kaki yang pucat karena bisa jadi ayam tersebut mengalami sakit. DOC yang berkualitas dan unggul memiliki bagian mata yang terlihat cerah, jernih dan tidak berair atau berlendir. Hindari memilih ayam dengan bagian mata berwarna keabu-abuan atau memiliki selaput warna abu-abu yang menutupi bagian matanya.

3. Berat Badan Normal
Selain melihatnya secara fisik, cara memilih ayam joper yang unggul dan berkualitas yang benar juga memperhatikan berat ayam joper. Menurut usianya, berat rata-rata anakan atau DOC ayam joper betina memiliki berat 30 gram per ekor, sedangkan jantan memiliki berat 32 hingga 35 gram per ekornya. Anakan atau DOC dengan umur sekitar 1 hari hingga 1 minggu memang memiliki target bobot mulai dari 30 gram hingga 60 gram. Jangan sampai anda memilih ayam joper anakan yang hanya memiliki berat dibawah 30 gram, karena bisa jadi ayam tersebut mengalami penyakit yang menyebabkan tidak nafsu makan.

Itulah beberapa cara memilih ayam joper yang unggul untuk diternak atau dibudidayakan kembali. Ayam joper memang memiliki banyak keunggulan, selain cepat pertumbuhan dan pertambahan bobotnya, ayam joper juga memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Hal inilah yang kemudian membuat banyak peternak beralih untuk membudidayakan ayam joper. Dibanding dengan ayam broiler, ayam joper atau ayam kampung super memiliki eksistensi yang tak kalah tinggi. Banyak konsumen yang meminta ayam joper untuk dikonsumsi karena dagingnya yang tebal serta rasanya yang gurih.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Ayam Joper Yang Unggul"