Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pakan Ayam Joper Yang Murah Dan Mudah

Cara Membuat Pakan Ayam Joper Yang Murah Dan Mudah -Pemberian pakan pada bisnis ternak ayam tentu menjadi hal yang riskan apabila tidak diperhatikan pengeluaran biayanya. Harga pakan yang selalu mengalami kenaikan tidak diimbangi dengan kenaikan harga potong ayam di pasaran. Hal ini tentu membuat para peternak harus memeras otak untuk mengakali hal tersebut agar tidak menelan kerugian. Selain pakan industri, anda juga bisa membuat pakan olahan sendiri yang bahan-bahannya jauh lebih alami dan higienis. Berikut adalah cara membuat pakan ayam joper yang bisa anda ikuti, 

Cara Membuat Pakan Ayam Joper Yang Mudah Dari Bahan-Bahan Alami 

1. Biji-Bijian Dan Tepung Tulang 
Cara membuat pakan ayam joper pertama adalah mencampurkan bahan biji-bijian yang ditambahkan dengan tepung tulang. Anda bisa menggunakan biji-bijian seperti jagung, kacang hijau atau beras merah. Kemudian rendam seluruh biji tersebut ke air yang bersih agar nantinya biji-biji lebih mudah penggilingannya. Setelah biji-biji sudah mengembang, barulah biji-biji digiling menggunakan penggilingan daging. Sebenarnya, setelah digiling pakan sudah bisa diberikan kepada ternak, namun lebih afdol mencampurkannya dengan tepung tulang atau kerang agar ayam mendapatkan asupan protein yang tinggi. 

2. Bekatul, Sayur Dan Tepung Tulang 
Cara membuat pakan ayam joper yang kedua adalah mencampurkan semua elemen makanan seperti sayur dan sumber protein menjadi satu. Mula-mula sayuran seperti kol, bayam, kangkung atau eceng gondok dipotong-potong hingga berukuran kecil kemudian sisihkan. Setelah itu siapkan daging bekicot atau limbah udang lalu bersihkan di air bersih sebelum akhirnya digiling. Campur semua bahan sayur dan daging-daging tadi ke dalam mesin penggiling. Setelah itu campur bahan-bahan yang sudah digiling tadi dengan tepung tulang, kemudian kukus hingga matang. Setelah di kukus giling kembali agar adonan lebih mencampur, setelah itu keringkan di bawah sinar matahari. 

3. Bekatul dan Umbi Talas 
Cara membuat pakan ayam joper ketiga yaitu dengan mencampur bekatul dengan umbi serta daun talas. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah, umbi dan daun talas, bekatul, beras dolog, dedak dan tepung tulang (untuk ayam petelur). Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, ambil umbi dan daun talas kemudian potong-potong menjadi kecil, kemudian sisihkan. Kemudian masukan cincangan umbi dan daun talas ke ember diikuti dengan tambahan dedak, bekatul, tepung tulang dan beras dolog. Setelah diaduk rata, campuran tersebut kemudian ditambahkan air secukupnya lalu direbus hingga matang, pastikan semua bahan hancur menjadi halus dan tercampur rata. Setelah pakan matang, keringkan pakan kemudian berikan kepada ternak. 

4. Efektivitas Pakan Alternatif 
Selain pakan alternatif di atas, anda juga perlu menghadirkan pakan utama agar ayam tidak mengalami gangguan pencernaan. Dengan kandungan serat yang berasal dari bahan sayur mayur, akan membuat ayam mengalami gangguan pencernaan. Sebagian ayam joper mungkin juga tidak akan mau memakan makanan asing yang anda buat sendiri. Maka dari itulah, pemberian pakan alternatif ini bisa diberikan secara berkala namun diikuti dengan pemberian pakan utama. Pemberian pakan alternatif ini selain menekan pembiayaan, juga berkhasiat untuk membantu ayam joper petelur meningkatkan produktivitas telur hingga 40%. 

Demikian cara membuat pakan ayam joper yang murah dan mudah untuk dibuat sendiri. Memang banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk menekan pembiayaan pemberian pakan ayam joper. Salah satuny adalah dengan pemberian pakan olahan sendiri yang lebih murah dan mudah didapatkan bahan-bahannya. Meski pakan ini harus didampingi dengan pakan utama, pembiayaan pemberian pakan akan jauh lebih irit dibandingkan memberikan pakan utama di setiap jadwal makan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pakan Ayam Joper Yang Murah Dan Mudah"