Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Pakan Ayam Joper Dan Cara Membuatnya dengan mudah

Jenis-Jenis Pakan Ayam Joper Dan Cara Membuatnya dengan mudah- Macam-macam pakan Ayam joper atau ayam jowo super adalah ayam hasil persilangan ayam broiler dan ayam kampung. Hasil persilangan ini berhasil membuat ayam joper memiliki daya tahan tubuh yang baik serta masa panen yang singkat. Karena perawatan yang sederhana serta prospek bisnis yang tinggi membuat peternak banyak yang beralih konsen untuk membudidayakan ayam joper. Daging yang dihasilkan selain tebal juga gurih hampir sama dengan ayam kampung. Untuk anda yang tertarik berikut adalah jenis pakan ayam joper dan cara membuatnya, 

Jenis Pakan Ayam Joper Dan Cara Membuatnya Agar Ayam Cepat Gemuk 

1. Biji-Bijian 
Berikut adalah jenis pakan ayam joper dan cara membuatnya, pertama-tama siapkan beberapa bahan berupa biji-bijian. Biji-bijian yang dimaksud diantaranya adalah jagung, kacang hijau, biji jagung dan beras merah. Setelah bahan-bahan siap, bersihkan bahan-bahan di air bersih dan rendam sebentar hingga mengembang, kemudian giling menggunakan penggiling daging. Proses perendaman tersebut ditujukan agar mempermudah proses penggilingan. Selain biji-bijian, anda juga bisa memanfaatkan limbah kulit padi (bekatul) dengan proses pembuatan yang sama. Apabila pakan ingin dijadikan stok dalam waktu lama, adonan wajib dikeringkan di bawah sinar matahari. 

2. Bahan Hewani 
Jenis pakan ayam joper dan cara membuatnya, mula-mula siapkan beberapa bahan hewani seperti bekicot, keong, tepung kerang, tepung ikan atau tepung tulang. Bekicot atau keong mula-mula dipisahkan bagian cangkangnya kemudian cuci bersih dagingnya, setelah itu giling dengan penggiling daging. Setelah halus, daging dibentuk bulatan kecil seperti pelet dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Pakan berbahan hewani seperti ini bisa membuat ayam joper mendapatkan banyak konsumsi protein. Selain protein, ayam joper juga akan tercukupi asupan karbohidrat, mineral serta vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Selain bisa dicampur, bahan hewani tersebut juga bisa diberikan secara terpisah, yang terpenting takarannya tepat sesuai usia dan kebutuhan nutrisinya. 

3. Campuran Sayur dan Bahan Hewani 
Jenis pakan ayam joper dan cara membuatnya yang terakhir adalah mencampurkan seluruh elemen bahan hewani, nabati dan bekatul. Mula-mula, potong kecil-kecil sayuran dan buah-buahan seperti pepaya, kol, bayam, kangkung dan eceng gondok. Setelah itu campurkan bahan lainnya seperti bekatul, air gula, tepung jagung, gilingan kacang hijau, setelah itu padatkan menggunakan tepung ikan atau tepung tulang atau juga tepung kerang. Setelah dirasa sudah tercampur rata, kukus adonan hingga matang, apabila anda bermaksud untuk memberikan pakan hari itu juga maka sesudah di kukus sudah bisa diberikan kepada ayam joper. Tapi apabila anda ingin menyediakan untuk stok makanan dalam waktu lama, setelah di kukus adonan kembali digiling hingga tercampur rata, lalu dikeringkan di bawah sinar matahari. 

Demikian beberapa jenis pakan ayam joper dan cara membuatnya dengan benar, makanan di atas menyuplai seluruh gizi yang dibutuhkan oleh ayam joper. Bukan hanya pakan untuk ayam joper, pakan di atas juga bisa diberikan kepada ayam kampung, broiler dan spesies ayam budidaya lainnya. selain mudah didapatkan, bahan di atas juga murah dan memiliki khasiat yang ampuh untuk menjaga nafsu makan ayam joper. Apabila anda ingin praktis, bisa juga memberikan pakan industri seperti pollard, atau juga pelet. Pastikan juga pakan pabrikan tersebut memiliki kualitas yang unggul untuk mendukung tumbuh kembang ayam joper. Jaga asupan pakan yang diberikan untuk ayam joper, apabila pakan diberikan terlalu berlebihan atau terlalu sedikit akan mempengaruhi kesehatan ayam joper.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Pakan Ayam Joper Dan Cara Membuatnya dengan mudah"