Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ayam Broiler yang Bisa Anda Gunakan

Pakan Ayam Broiler yang Bisa Anda Gunakan-Banyak orang yang mulai melirik dunia usaha sebagai tempat menambah pundi-pundi rupiah sebagai tambahan penghasilan. Beberapa usaha sampingan berupa budidaya baik ikan, ayam atau kambing atau yang lainnya adalah salah satu usaha yang banyak diminati. Akan tetapi tahukah anda sebelum terjun ke dunia usaha terutama di bidang ternak anda harus memiliki pengetahuan yang jelas. Terutama jika anda bergelut pada usaha ternak ayam maka, pakan ayam broiler yang bisa anda gunakan selain pakan pabrik harus anda ketahui. Berikut ini akan di bahas mengenai pakan alternatif budidaya ayam :


Pakan ayam broiler yang bisa anda gunakan

1. Dedak

Salah satu pakan ayam broiler yang bisa anda gunakan sebagai bentuk menyiasati management pakan. Agar tidak terlalu bergantung pada makanan dari pabrik adalah menggunakan dedak padi. Dedak padi merupakan salah satu pakan alternatif bagi ayam yang murah dan menjadi bahan pakan untuk mengurangi ketergantungan dengan pakan olahan pabrik. Menggunakan pakan pabrik sah saja anda lakukan namun hal tersebut akan membuat biaya pakan anda membengkak bahkan mengalami kerugian. Dan yang paling penting dalam menggunakan dedak padi anda campur dengan pakan pabrik.

2. Singkong

Pakan ayam broiler yang bisa anda gunakan sebagai pengganti makanan pabrik selanjutnya adalah singkong. Namun perlu anda ketahui dalam penggunaan singkong ini sebaiknya pada ayam yang memiliki usia di atas 1 bulan. Karena penggunaan singkong ini tidak di anjurkan pada ayam yang masih kecil, karena nantinya akan menghambat pertumbuhannya. Karena ayam yang masih kecil sangat membutuhkan protein dengan jumlah yang lebih besar untuk mempercepat pertumbuhannya. Pakan singkong ini dapat anda lakukan sebagai proses penggemukan dan menambah bobot ayam.

3. Pollard

Untuk pakan ayam broiler yang bisa anda gunakan bahan pollard yang mungkin masih di rasa cukup asing di telinga anda. Pollard sendiri merupakan limbah dari hasil pengolahan gandum yang bisa di sebut dedak hasil pengolahan gandum. Pakan alternatif ini di rasa cukup murah untuk menanggulangi pakan ayam pabrikan yang terlalu mahal. Namun dalam penggunaan pakan yang satu ini tetap dianjurkan pada ayam yang memiliki usia di atas 1 bulan. Karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi makanan alternatif yang satu ini dapat menghambat pertumbuhan ayam yang masih kecil.

4. Limbah tahu

Limbah produksi tahu juga dapat anda gunakan sebagai salah satu makanan alternatif dalam mengurangi biaya pakan yang membengkak. Pakan ayam broiler yang bisa anda gunakan dalam menggantikan pakan pabrik yang satu ini selain memiliki tekstur yang lembut. Juga memiliki kandungan protein nabati yang dapat membantu pertumbuhan ternak anda. Hanya saja pakan yang satu ini memiliki kekurangan yaitu susah dalam mendapatkannya mengingat banyaknya peternak yang rela mengantri untuk mendapatkannya. Namun jika di sekitar tempat tinggal anda, terdapat produksi tahu ada baiknya anda menggunakan bahan tersebut untuk menggunakannya.

5. Sorgum

Pakan ayam broiler yang bisa anda gunakan yang terakhir adalah sorgum, namun pakan alternatif yang satu ini cukup sulit untuk di dapatkan. Dan sangat tidak dianjurkan di berikan pada ayam yang masih dalam masa pertumbuhan. Dikarenakan pakan alternatif yang satu ini berbeda dengan pakan alternatif yang lainnya karena mengandung tanin yaitu zat anti nutrisi. Yang nantinya dapat menyebabkan ternak anda mengalami pelambatan dalam pertumbuhannya. Ataupun jika sudah terlanjur menggunakan pakan yang satu ini lebih baik anda gunakan pada ayam yang sudah memasuki masa panen.

Pakan ayam broiler yang bisa anda gunakan sebagai bentuk mengurangi ketergantungan terhadap pakan buatan pabrik. Dikarenakan banyak para usaha ternak pemula harus gulung tikar akibat kurang pengetahuan dari management pakan. Management pakan ini merupakan hal yang sangat sepele, namun sangat penting untuk meningkatkan keuntungan seorang peternak.

Posting Komentar untuk "Pakan Ayam Broiler yang Bisa Anda Gunakan"