Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara BudiDaya Bebek Pedaging Agar Cepat Panen

Cara BudiDaya Bebek Pedaging Agar Cepat Panen-Salah satu jenis usaha yang terkait dengan usaha ternak bebek adalah ternak bebek pendaging. Jenis ternak ini berbeda dengan jenis ternak bebek petelur karena berfokus pada penggemukan ukuran bebek. Agar hasil optimal, diperlukan beberapa teknik khusus dalam budi daya bebek pendaging. Bagi Anda yang ingin berkecimpung dalam peternakan bebek pendaging, berikut cara budi daya bebek pendaging agar cepat panen.


Cara budidaya Bebek Pedaging Agar Cepat Panen

1.      Pemilihan Kandang

Dalam beternak bebek pendaging agar cepat panen, lokasi yang paling cocok adalah di_daerah pedesaan. Selain luas, daerah ini dapat menetralisasi limbah bau yang dihasilkan dari kotoran bebek itu sendiri mengingat jarak antar rumah di_pedesaan tidak terlalu rapat.

Untuk pemilihan kandang, gunakanlah kandang panggung dengan mengarah langsung ke matahari terbit untuk menjaga asupan nutrisi bebek pendaging. Berdasarkan pondasinya, kandang jenis ini sangat baik dalam pengawasan kebersihan dan kesehatan bebek pendaging.

Jika Anda memilih menggunakankandang lantai non panggung, gunakanlah lapisan kapur, sekam, dan padi. Fungsi kapur itu sendiri untuk menjaga kadar PH tanah, mengontrol penyakit, serta mampu menyerap kotoran bebek dengan lebih baik. Hal ini dilakukan sebagai alternatif cara budi daya bebek pedaging agar cepat panen jika tidak bisa menggunakan kandang panggung.

Selain bermanfaat dalam pemeliharaan bebek, campuran kapur, sekam padi, dan kotoran bebek dapat digunakan sebagai pupuk organik. Ambillah pupuk organik tersebut setelah masa 3-5 tahun sudah berjalan.

2.      Pemilihan Bibit Bebek Pedaging

Memilih bibit unggul termasuk dalam cara budi daya bebek pendaging agar cepat panen. Untuk mendapatkan bibit bebek pendaging yang berkualitas, ikuti tips berikut ini.

  Belilah bibit bebek berkualitas dari peternakan yangsudah terpercaya dan sukses. Anda bisa berkonsultasi langsung ke Dinas Peternakan.

        Jika ingin memiliki bibit unggul dari cara penetasan, pilihlah induk yang berkualitas juga

•    Pastikan bahwa bibit sehat secara fisik dan tidak cacat. Bulunya halus, berwarna kuning mengkilat

 

3.      Perawatan Bebek Pedaging

Perawatan bebek pendaging juga masuk dalam cara budi daya bebek pendaging agar cepat panen yang paling penting. Dalam beternak bebek, lakukan perawatan secara tepat dan intensif. Langkah pertama yang harus Anda lakukan, yaitu meletakkan bibit ke kandang brooder.

 Selanjutnya, sebar bibit bebek secara merata dengan suhu yang sesuai dengan usia bebek. Untuk pakannya, Anda harus memerhatikan komposisi bahannya agar kebutuhan nutrsi tetap tercukupi. Jenis-jenis pakan tersebut meliputi (1) bekatul, yaitu sisa penggilingan padi yang halus, (2) pakan khusus untuk unggas berdasarkan rekomendasi Dinas Peternakan, (3) nasi aking, yaitu nasi yang dikeringkan, dan (4) suplemen pakan.

Untuk jenis dan jumlah pakannya perlu disesuaikan dengan usia bibit bebek pendaging. untuk usia 0-16 hari sediakan wadah datar agar bebek mudah memakannya. Pemberian pakan untuk bebek berusia 16-21 hari letakkan di_wadah dan sebarkan ke lantai. Sementara itu, bagi bebek berusia 18-21 minggu, juga hamburkan pakan di_lantai.

Itulah beberapa cara budidaya bebek pendaging agar cepat panen. Langkah-langkahnya efektif dan bisa dipraktikkan dengan biaya ekonomis sehingga keuntungannya lebih maksimal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara BudiDaya Bebek Pedaging Agar Cepat Panen"